Berita

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443

Mahasiswa KKN Relawan COVID-19 : Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan Yoga

      (Minggu,1/08/2021) Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein meresmikan Rumah Karantina Hotel Tiara Purwokerto sebagai tempat karantina khusus untuk ibu hamil dan nifas. Hal tersebut dilakukan agar kejadian Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang disebabkan oleh COVID-19 dapat tertangani dan dicegah sehingga Ibu hamil dan bayi dapat terjaga kesehatannya.

            Ibu yang sedang hamil mudah mengalami kecemasan dan depresi. Hal tersebut akan berpengaruh akan timbulnya penyakit dan komplikasi pasca kehamilan serta persalinan. Untuk melindungi hal tersebut, RK Hotel Tiara Purwokerto berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat yaitu Yoga untuk Ibu hamil dipagi hari.

 

Yoga Ibu hamil yang dilakukan dipagi hari bersama Instruktur yoga dan Perawat

 

            Yoga ini dilakukan setiap pagi jam 06.00 pagi bersama dengan instruktur senam dan bidan. Alat yang digunakan sangat mudah didapatkan yaitu hanya matras saja. Awalnya, sebelum dilakukan yoga. Pasien harus melakukan tahap awal yaitu pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum masuk rangkaian yoga kemudian diikuti yoga inti dan diakhiri dengan pendinginan. Rata – rata waktu yang diperlukan untuk melakukan yoga sekita 30 sampai 45 menit.

Yoga rupanya memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil salah satunya dilakukan agar dapat mengalihkan perhatian, menurunkan stress serta kecemasan untuk ibu hamil dapat melewati persalinan dengan lancar. Diharapkan adanya kegiatan rutin yoga dipagi hari di RK Hotel Tiara Purwokerto sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas fisik dan psikis pasien ibu hamil serta nifas.

Milad Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Kedokteran Unuversitas Muhammadiyah Purwokerto

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Kedokteran Unuversitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 22 Juli 2021 atau 12 Dzulhijah 1442 H mengadakan Talk Show dalam rangka memeriahksn milad IMM komisariat FK yang ke-3.

Acara tersebut bertujuan mengenalkan IMM dan merekrut anggota baru untuk bergabung.  Acara dibuka oleh Wakil Dekan bidsng Akademik dan AIK dr.Susiyadi Sp.An serta sebagai nara sumber adalah dr.Fadhol Romdoni yang sangat interaktif dalam penyampaiannnya mengenalkan bagaimana kiprah mahasiswa sebagai generasi muda untuk bisaa bekerjasama dalam organisasi. Pesan beliau untuk mahasiswa adalah organisasi tidak ber SKS dan masuk mata kuliah. Tetapi Organisasi merupakan ilmu yang bisa diterapkan kelak ketika terjun di masyarakat.
Acara tersebut dihadiri Ketua IMM Banyumas, IMM UMP, Komisariat Farmasi dan komisariat lainnya, mahasiswa FK dan pembina dr.Titik

Selamat Milad IMM

Bupati Lepas 137 Relawan UMP Bantu Percepatan Penanganan Covid-19