Berita

FK UMP : Selenggarakan Darul Arqam Dasar

Darul Arqam Dasar merupakan amanat yang harus dilaksanakan sebagai kegiatan rutin Al Islam. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal bulan 13 dan 14 Mei sebanyak 50 mahasiswa angkatan 2014.

            Adapun Materi yang tersampaikan adalah :

1.         Ilmu keIslaman dalam arti kaffah/ sebagai sistem (mencakup Aqidah – Akhlak – Ibadah - Muamalah).

2.       Ideologi Keislaman dan jiwa Persyarikatan

3.       Kedokteran Islam mencakup skils bekam, merawat jenazah meliputi memandikan jenazah, mengkafani dan menshalatkan jenazah

4.       Metodologi Dakwah dan Tajdid khususnya dalam pengembangan Sains dan Teknologi yang tidak lepas dari jiwa agama

5.       Kepemimpinan dan Perencanaan Strategik Fakultas Kedokteran ke depan dan Kemuhammadiyahan untuk mencetak generasi unggul, modern dan Islami.

Narasumber yang memberikan materi antara lain Ustad Ahmad KifniUstadz Umar AR, Ustadz Asep Daud KosasihUstadz Johar A.S.Ustadz AminudinUstadz AmrullahUstadz Achmad Husain, dr. Susiyadi Sp.An,  Ustad Fajar Sidik dan Ustad Muamar.

Dalam pembukaan Bapak Dekan FK UMP dr.Mambodyanto,SH.,MMR memberikan nasehat kelak mahasiswa harus mengaplikasikan ilmu yang didapat di DAD di dalam kehidupan sehari-hari apalagi ketika berpraktek menjadi dokter pelayan umat.

 

Selain materi, kegiatan DAD membiasakan mahasiswa untuk melakukan ibadah shalat lima waktu, mencintai Al qur’an dengan membaca Alqur’an, shalat sunah seperti dhuha dan tahajud. Sehingga keseimbangan sebagai individu yang kelak menjadi dokter akan tercapai kecerdasan intektual, emosional, social dan spiritual.

 

Read more: FK UMP : Selenggarakan Darul Arqam Dasar

FKUMP hadiri MyWHA di Malaysia

Dalam rangka ikut berperan aktif dalam kegiatan international kemahasiswaan, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto turut mengirimkan delegasinya Nadya Ratu Aziza Fuady dalam acara Malaysia World Heart Assembly (MyWHA) Simulation (31/3).  Acara di mulai dengan di terimanya para delegasi oleh panitia di Kuala Lumpur. Pada hari pertama para delegasi melakukan registrasi dan pembagian tempat menginap.

 

Pada hari ke dua, acara yang di gelar di International Medical University (IMU) di buka oleh jajaran rektorat dan dekanat dari IMU. Acara yang selanjutnya di bagi dalam beberapa kelompok ini, menempatkan delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto berada di region American dan menjadi Country Ambassador yg berasal dari Canada dengan topik bahasan malnutrition and obesity, yang nantinya akan di jadikan draft resolution yang akan di kirimkan ke WHO headquarters di Geneva Swis. Hari kedu di tutup dengan social night yang bertujuan mengakrabkan seluruh delegasi yang berasal dari berbagai negara.

 

 Penyepakatan hasil Draft Resolution dilakukan pada hari ke tiga oleh perwakilan masing – masing kelompok. Untuk kemudian acara dilanjutkan dengan World Health Assembly yang dihadiri oleh seluruh delegasi dengan tema Antimicrobial Resistance. Acara ditutup pada hari ke empat oleh perwakilan dari IMU yang kemudian di lengkapi dengan foto bersama dan pemberian award kepada delegasi aktif dan lainnya. Teriring do’a semoga kedepan Fakultas Kedokteran UMP dapat mengikuti acara – acara seperti ini dan bahkan sebagai tuan rumah penyelenggara.

 

    

 

     

 

Kedokteran Herbal Unggulan FK UMP

Rencana Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FK UMP) untuk menjadi salah satu pengembangan kedokteran herbal di Indonesia tidak main-main. Berbagai upaya yang mengarah pada hal tersebut senantiasa dioptimalkan. Salah satunya adalah dengan menggelar sejumlah forum ilmiah untuk mengkaji perkembangan terkini dari kedokteran herbal. Seperti yang dilakukan FK UMP pada Minggu, (8/1), dengan menggelar kuliah umum bertajuk “Interprofesional Education Akupuntur dan Asuransi Kesehatan”, FK UMP ingin sosialisasikan keberadaan kedokteran herbal sebagai salah satu alternatif dari pengobatan medis. 

 

 

Read more: Kedokteran Herbal Unggulan FK UMP

Kembangkan Kedokteran Herbal, FK UMP Kunjungi BP2TOOT Tawangmangu

Harapan untuk menjadikan pelopor Kedokteran Herbal di Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto gandrung mendatangi sentra pengolahan obat herbal dan budidya herbal yang ada di Indonesia. Rabu (4/1) FK UMP berkesempatan mengunjungi salah satu tempat pengolahan dan budidaya tanaman herbal Indonesia di Tawangmangu,  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (BP2TOOT) .

 

 

Read more: Kembangkan Kedokteran Herbal, FK UMP Kunjungi BP2TOOT Tawangmangu

32 Kaprodi UMP Tandatangani Program Unggulan

 

Seluruh Ketua Program Studi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menandatangani Kontrak Program Unggulan Program Studi. Penandatanganan tersebut merupakan langkah awal mengembangkan program unggulan yang ada di masing-masing prodi, serta memperkuat visi dan misi UMP yaitu Unggul, Modern, Islam. 

 

 

Pada MoU tersebut, prodi mendapatkan dana yang dipergunakan untuk mengembangkan sesuai dengan karakteristik masing-masing. Hal itu merupakan salah satu langkah nyata meningkatkan kualitas UMP secara menyuluruh, yang menjadi komitmen civitas akademika yang dikomandani seluruh pimpinan UMP.

 

 

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Ns. Jebul Suroso MKep berharap, program unggulan yang ada di setiap program studi UMP merupakan program unggulan yang memilki karakteristik berbeda di perguruan tinggi lain. Kata Jebul, nama UMP tergantung pada program unggulan yang ada di masing-masing program studi. “Jika program unggulan baik, maka nama UMP akan lebih baik. Untuk itu, ketua prodi harus merencanakan program unggulan dengan baik dan terkonsep jangka panjang,” katanya saat sambutan penyerahan dana pengembangan prodi unggulan, belum lama ini. (Zyn)

Subcategories