Berita

Sumpah Dokter V FK UM Purwokerto dilakukan secara Hybrid

 

 

Fakultas Kedokteran (FK)' Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah melantik 10 dokter baru dalam Sumpah Dokter V FK UMP di Aula Fakultas Kedokteran, yang dilakukan dengan hybrid Selasa (23/3/2020).

Dokter baru yang diambil sumpahnya terdiri atas 5 dokter wanita dan 5 dokter pria,

Dekan FK UMP dr. Muhammad Mansyur Romi, SU, PA (K) mengatakan sumpah dokter adalah bagian dari rangkaian pendidikan kedokteran untuk melangkah ke jenjang berikutnya ( tahapan internsip dan pendidikan profesi lebih lanjut).

“Sumpah dokter bukan hanya ceremonial saja tapi bagaimana seorang dokter mengawali profesinya dalam berkomitmen kepada ALLAH SWT, kepada dirinya, kepada masyarakat dan kepada teman sejawat dimana teman sejawatnya akan dianggap seperti saudara kandungnya sampai akhir hayatnya,” jelasnya.

Dijelaskan, sumpah dokter ke 5 ini diikuti oleh lulusan Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UMP dengan jumlah 10 dokter baru, yang sebelumnya telah berhasil melewati ujian kompetensi dokter umum UKMPPD batch Februari 2021 secara nasional dengan angka kelulusan 71,42 % ( alhamdulillah selalu lulus di atas rata-rata angka kelulusan nasional)

“Rasa syukur dan bangga dengan lulusan dokter baru ini, walaupun  terkendala dengan masa pandemi ini, tidak menutupi semangat pengambilan sumpah dokter ini tetap berjalan dengan segala keterbatasannya,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMP Dr. Ns Jebul Suroso, M. Kep memberikan apresiasi kepada Fakultas Kedokteran UMP yang telah berhasil mengantarkan dokter baru, melewati masa studi yang panjang, dan sampailah kepada kesempatan hari ini disumpah menjadi dokter.

“Kami sampaikan selamat, pada saat ini kalian telah melampaui keberhasilan, dan siap menyambut matahari kesuksesan. Jadilah anda dokter yang BAIK. Berpegang teguh dengan sumpah dokter, berakhlak mulia,  inovatif, kolaboratif. Jadilah dokter yang mengutamakan perikemanusiaan, dan menjadi dokter yang mengemban amanah dakwah,” jelasnya.

Rektor berharap, para dokter lulusan UMP menjadi dokter yang unggul. Memiliki akhlak mulia dan bermanfaat untuk semua manusia.

“Jadilah dokter yang berakhlak mulia, berakhlak yang baik terhadap orang tua, kepada masyarakat dan kerabat kerjanya. Ada harapan dari orang tua kalian semua, masa depan hidup anda lebih baik dari pada kedua orang tua Anda. Sehingga anda bisa membahagiakannya mereka,” pungkasnya. (tgr)

 

Sumpah Dokter ke IV Fakultas Kedokteran UMP


Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melantik 35 dokter baru, dalam Sumpah Dokter FK UMP ke IV secara blended dimana diwakili 5 orang dokter baru luring di FK UMP dan 30 dokter baru secara daring yang dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter yang digelar Universitas Muhammadiyah Purwokerto(UMP) ke empat, dilaksanakan  dengan hikmat walaupun secara daring di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Acara yang berlangsung pada tanggal 22 Desember 2020 bertepatan dengan Hari Ibu itu memang sangatlah membanggakan , terlebih untuk para orang tua para dokter baru tersebut.
Dekan Fakultas Kedokteran  dr. Muhammad Mansyur Romi, SU, PA (K)  menyampaikan jika sumpah dokter kali ini sangat membagakan dimana FK UMP menjadi First Taker terbaik di UKMPPD Batch November 2020 dengan kelulusan First Taker 100% untuk 34 peserta



“Tentu kami juga memberikan selamat yg sebesar besarnya kepada dokter baru dan keluarga , ini adala prestasi yg sangat besar bahwa pencapaian kelulusan ukmppd dokter baru ini sangat Alhamdulillah yaitu untuk angkatan 2014 telah lulus dengan angka yang sangat meyakinkan yaitu 100%.”kata Mansyur Romi.

Pada pelantikan dokter kali ini, berikut peserta dengan nilai terbaik:
1.  Mahidin memperoleh nilai CBT UKMPPD 89,5
2.  Tyas Ratna Pangestika memperoleh nilai CBT UKMPPD 89
3.  Putri Restu Wulandari memperoleh nilai CBT UKMPPD 88


Bantuan Banjir Kejabar,Sidamulya Kemranjen


"Tidak pernah ada dokter yang melayani banyak pasien yang meskipun telah berusaha keras tidak kehilangan sebagian dari mereka. Tetapi dokter mengerti bahwa itu adalah bagian dari kehidupan." -Zig Ziglar

Terima kasih untuk seluruh dokter di Indonesia yang telah berjuang selama ini. Semoga Allah SWT membalas kebaikan serta tetap memberikan kesehatan, kekuatan, dan kesabaran untuk para dokter dalam mengemban misi mulia ini.

 

Subcategories