Berita

Fakultas Kedokteran UMP Resmikan Desa Binaan

Mahasiswa memiliki tiga peran penting yakni sebagai iron stock, agent of chage, dan moral force. Sebagai moral force, mahasiswa memiliki peran dan fungsi moral terhadap segala sesuatu yang ada pada lingkungannya.

 
Hal itu telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mereka mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan desa binaan sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.


Kegiatan ini diresmikan di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Ahad, (3/12/2017).

“Dengan adanya desa binaan dari mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP diharapkan bisa meningkatkan dan menggiatkan semua kegiatan yang ada di Desa Bojongsari terutama dibidang kesehatan,” ujar Ani Kurnia Ketua Pelaksana kegiatan.

 

Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan bakti sosial dan penyaluran berbagai macam bantuan untuk lingkungan masyarakat sekitar desa, seperti bantuan sembako dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar.

 

“Dengan kegiatan ini, diharapkan kita bisa hidup sehat dan Insya Allah kehidupan kita lebih sejahtera, lebih bahagiya. Itu harapan kami dengan datangnya para mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto akan membuat masyarakat lebih sehat, sejahtera dan lebih bahagiya,” pungkasnya.

 

Kegiatan yang bersifat mulia dan membangun yang ditunjukkan oleh Fakultas Kedokteran UMP ini mendapatan sambutan dan apresiasi dari seluruh tokoh dan  masyarakat Desa Bojongsari. Mereka dengan antusias menghadiri dan mengikuti setiap acara yang berlangsung terutama bantuan yang diberikan untuk mereka.

 

“Terimakasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran UMP. Dimana tujuannya adalah untuk membina dari masyarakat desa Bojongsari yang mungkin perlu meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Memang di Desa kami masih kurang (menjaga kebersihan) karena kebiasaan yang kurang baik, seperti buang air disungai,” tutur Kepala Desa Bojongsari Tasun.

 

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr. H. Syamsuhadi Irsyad MH menjelaskan, Program desa binaan untuk para Calon dokter mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP, merupakan cara membiasakan lulusan dokter FK UMP di masa depan terbiasa melakukan praktek kerja di desa pada nantinya.

 

Menurutnya, kenyataan di Indonesia masih terjadi ketimpangan distribusi untuk tenaga kesehatan. “Banyak yang melakukan urbanisasi. Jadi, yang terjadi di Indonesia bukan kekurangan tenaga kerja di bidang kesehata,” katanya. (tgr)

 

 source by ump.ac.id

TBMM Ekstremitas FK UMP : "Hidup Sehat itu Penting"

     Begitu besarnya jumlah penduduk di Indonesia sebenarnya merupakan salah satu keunggulan dan potensi bangsa Indonesia untuk ikut dalam kancah persaingan internasional. Namun, pada kenyataannya, banyak sekali permasalahan yang melanda kemajemukan tersebut. Salah satu aspek yang cukup vital tapi kerap kali dilupakan yaitu kesehatan masyarakat.

            Kondisi yang demikian telah mencuatkan satu pemikiran bahwa perlu diadakannya suatu kegiatan yang berupaya untuk mengangkat kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan. Untuk itu, Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Ekstremitas Fakultas Kedokteran Uiversitas Muhammadiyah Purwokerto dalam acara Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE bersama Bupati Banyumas ikut andil bagian menyelenggarakan cek kesehatan bagi para peserta yang hadir. Acara sendiri berlangsung sangat meriah. Acara di langsungkan di Gor Satria Puwokerto(19/11). 

            Pada acara tersebut, TBMM Ekstremitas FK UMP hadir di stand Pemeriksaan Kesehatan Massal dengan kegiatan pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol, asam urat, golongan darah dan konsultasi dokter umum secara gratis.

            Ketua TBMM Ekstremitas, Ajikwa Ari Widianto mengatakan stand pemeriksaan kesehatan massal merupakan stand yang sangat perlu dikunjungi oleh masyarakat setempat. “Stand pemeriksaan kesehatan massal dari TBMM Ekstremitas yang ada di acara Jalan Sehat ini sangat perlu didatangi, karena setelah berolahraga pagi, senam pagi dan jalan sehat, masyarakat dapat langsung memeriksa kebugaran maupun kesehatannya secara gratis di stand kami,” katanya.

            Sementara itu, masyarakat yang hadir sangat antusias dengan ramainya orang yang berdatangan hadir di stand pemeriksaan kesehatan massal ini. Diharapkan dengan adanya stand Pemeriksaan Kesehatan Massal ini dapat membantu masyarakat setempat peduli akan kesehatannya dan mampu meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia. (dkw/ajikwa)

 

 

 

 

 

FKUMP hadiri MyWHA di Malaysia

Dalam rangka ikut berperan aktif dalam kegiatan international kemahasiswaan, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto turut mengirimkan delegasinya Nadya Ratu Aziza Fuady dalam acara Malaysia World Heart Assembly (MyWHA) Simulation (31/3).  Acara di mulai dengan di terimanya para delegasi oleh panitia di Kuala Lumpur. Pada hari pertama para delegasi melakukan registrasi dan pembagian tempat menginap.

 

Pada hari ke dua, acara yang di gelar di International Medical University (IMU) di buka oleh jajaran rektorat dan dekanat dari IMU. Acara yang selanjutnya di bagi dalam beberapa kelompok ini, menempatkan delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto berada di region American dan menjadi Country Ambassador yg berasal dari Canada dengan topik bahasan malnutrition and obesity, yang nantinya akan di jadikan draft resolution yang akan di kirimkan ke WHO headquarters di Geneva Swis. Hari kedu di tutup dengan social night yang bertujuan mengakrabkan seluruh delegasi yang berasal dari berbagai negara.

 

 Penyepakatan hasil Draft Resolution dilakukan pada hari ke tiga oleh perwakilan masing – masing kelompok. Untuk kemudian acara dilanjutkan dengan World Health Assembly yang dihadiri oleh seluruh delegasi dengan tema Antimicrobial Resistance. Acara ditutup pada hari ke empat oleh perwakilan dari IMU yang kemudian di lengkapi dengan foto bersama dan pemberian award kepada delegasi aktif dan lainnya. Teriring do’a semoga kedepan Fakultas Kedokteran UMP dapat mengikuti acara – acara seperti ini dan bahkan sebagai tuan rumah penyelenggara.

 

    

 

     

 

FK UMP : Selenggarakan Darul Arqam Dasar

Darul Arqam Dasar merupakan amanat yang harus dilaksanakan sebagai kegiatan rutin Al Islam. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal bulan 13 dan 14 Mei sebanyak 50 mahasiswa angkatan 2014.

            Adapun Materi yang tersampaikan adalah :

1.         Ilmu keIslaman dalam arti kaffah/ sebagai sistem (mencakup Aqidah – Akhlak – Ibadah - Muamalah).

2.       Ideologi Keislaman dan jiwa Persyarikatan

3.       Kedokteran Islam mencakup skils bekam, merawat jenazah meliputi memandikan jenazah, mengkafani dan menshalatkan jenazah

4.       Metodologi Dakwah dan Tajdid khususnya dalam pengembangan Sains dan Teknologi yang tidak lepas dari jiwa agama

5.       Kepemimpinan dan Perencanaan Strategik Fakultas Kedokteran ke depan dan Kemuhammadiyahan untuk mencetak generasi unggul, modern dan Islami.

Narasumber yang memberikan materi antara lain Ustad Ahmad KifniUstadz Umar AR, Ustadz Asep Daud KosasihUstadz Johar A.S.Ustadz AminudinUstadz AmrullahUstadz Achmad Husain, dr. Susiyadi Sp.An,  Ustad Fajar Sidik dan Ustad Muamar.

Dalam pembukaan Bapak Dekan FK UMP dr.Mambodyanto,SH.,MMR memberikan nasehat kelak mahasiswa harus mengaplikasikan ilmu yang didapat di DAD di dalam kehidupan sehari-hari apalagi ketika berpraktek menjadi dokter pelayan umat.

 

Selain materi, kegiatan DAD membiasakan mahasiswa untuk melakukan ibadah shalat lima waktu, mencintai Al qur’an dengan membaca Alqur’an, shalat sunah seperti dhuha dan tahajud. Sehingga keseimbangan sebagai individu yang kelak menjadi dokter akan tercapai kecerdasan intektual, emosional, social dan spiritual.

 

Read more: FK UMP : Selenggarakan Darul Arqam Dasar

Kembangkan Kedokteran Herbal, FK UMP Kunjungi BP2TOOT Tawangmangu

Harapan untuk menjadikan pelopor Kedokteran Herbal di Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto gandrung mendatangi sentra pengolahan obat herbal dan budidya herbal yang ada di Indonesia. Rabu (4/1) FK UMP berkesempatan mengunjungi salah satu tempat pengolahan dan budidaya tanaman herbal Indonesia di Tawangmangu,  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (BP2TOOT) .

 

 

Read more: Kembangkan Kedokteran Herbal, FK UMP Kunjungi BP2TOOT Tawangmangu

Subcategories