Berita

Terakreditasi Paripurna, RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Bersama UMP Kerjasama Tingkatkan Mutu Tenaga Kesehatan

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo(RSMS) Purwokerto telah resmi menyandang akreditasi Paripurna, sebagai rumah sakit terbesar dan pusat rujukan di Jawa Tengah bagian Barat Selatandengan pelayanan kesehatan terbaik yang diakui KARS. Ini karena, rumah sakit tersebut memiliki fasilitas spesialis yang lengkap dengan beberapa layanan subspesialis menjadikannya rumah sakit berspesifikasi tinggi. Ditambah lagi dengan kisaran 1.000 kapasitas tempat tidur, membuat pelayanan yang paripurna terealisasi. Tidak sampai di situ, untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien, RSMS juga didukung dengan lengkapnya sarana penunjang medis dan non medis.

 

 

Tentunya, ini sinyal positif bagi instansi pendidikan yang bergerak di bidang kesehatan menjadikanRSMS, sebagai tempat yang ideal untuk melatih skill dan kompetensi mahasiswa-mahasiswa calon tenaga kesehatan. Disebabkan, ketrampilan mengelola pasien tidaklah instan, perlu adanya terjun langsung di tengah-tengah pasien, adanya keberlangsungan, serta adanya pendampingan dari ahli-ahli di rumah sakit berkualitas.

 

Maka dari itu, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang saat ini memiliki Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, dengan Prodi Kebidanan D3, Prodi Keperawatan D3, Prodi Keperawatan S1, dan Prodi Teknologi Laboratorium Medik membutuhkan rekan kerja rumah sakit berkualitas tinggi, agar melahirkan tenaga-tenaga medis berkompeten.

 

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho, S.Ag., MSI., MHI, UMP dengan cluster penelitian “UTAMA”, memerlukan sarana penelitian unggul. Hal ini, agar tercipta hasil penelitian yang berstandar nasional dan internasional. “Jumlah proposal penelitian UMP yang disetujui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat sudah memenuhi standar. Selain itu, jumlah publikasi pada jurnal ilmiah pun, baik yang nasional maupun internasional, demikian pula. Khusus untuk penelitian di bidang kesehatan, tentu UMP seyogyanya memiliki mitra rumah sakit unggul dan berkualitas sepertiRSMS,” ungkap dia Senin (5/9).

 

Visi yang sama antara RSMS dan UMP, untuk menjadikan masyarakat sehat, menjadikan dua instansi ini mempererat hubungan. Sebenarnya jalinan kemitraan keduanya telah terbina lama dan harmonis. Memperkuat hubungan silaturahmi beberapa waktu lalu, pimpinan UMP yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan AIK UMP, Dr. Ns. Jebul Suroso, S. Kep., M.Kep beserta jajaran berkunjung ke RSMS membicarakan sejumlah program bersama, yang dapat menciptakan dunia kesehatan lebih baik lagi.

 

“Kami senang makin hangatnya hubungan kemitraan antaraRSMS dan UMP. Semoga ini terus berjalan dengan baik dengan program-program yang dijalankan bersama-sama. Selain itu, dengan ditetapkannya RSMS sebagai rumah sakit kelas B  dan pendidikan terbesar di Jawa Tengah bagian Barat Selatanyang telahterakreditasi Paripurna dari KARS, menjadi sebuah sumber pelatihan dan pendidikan unggul bagi mahasiswa. Ini tentunya juga menjadi kabar gembira untuk UMP,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan AIK UMP, Dr. Ns. Jebul Suroso, S. Kep., M.Kep, di ruang kerjanya.

 

Komitmen yang baik antara UMP danRSMS, kata Jebul, dapat melahirkan lulusan-lulusan tenaga medis berkualitas. Di samping itu, menurutnya semua itu demi memberikan pelayanan kesehatan prima kepada pasien. “Ini semangat membangun pendidikan di bidang kesehatan. Maka dari itu, jalinan hubungan ini akan terus digalang,” pungkas dia.

 

Editor              : Guntur Wibowo