Berita

Kembangkan Kedokteran Herbal, FK UMP Kunjungi BP2TOOT Tawangmangu

Harapan untuk menjadikan pelopor Kedokteran Herbal di Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto gandrung mendatangi sentra pengolahan obat herbal dan budidya herbal yang ada di Indonesia. Rabu (4/1) FK UMP berkesempatan mengunjungi salah satu tempat pengolahan dan budidaya tanaman herbal Indonesia di Tawangmangu,  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (BP2TOOT) .

 

 

 

 

BP2TOOT sendiri sebuah badan yang di naungi oleh Badan Penelitian dan Pengembagan Kesehatan Kementrian kesehatan Republik Indonesia. Selama kunjungan FK UMP berkesempatan mengikuti aktifitas yang ada di BP2TOOT.  Mulai dari pembibitan tanaman obat, pengelolaan, sampai panen hasil. Tidak lupa rombongan beserta para dosen juga mengunjungi laboratorium dimana khasiat dari berbagai macam tanaman obat di teliti.  Mulai dari pemanfaatan buah, kulit, batang atau akar pada tanaman dikarenakan tidak semua bagian tanaman obat dapat dijadikan obat, contohnya seperti kayu manis diambil batangnya.

 

 

 

Bertemu dengan kepala BP2TOOT Dra. Lucie Widowati, M.Si., Apt rombongan dosen yang di pimpin langsung oleh Dekan FK UMP dr. Mambodiyanto, S.H., MMR membicarakan tentang kerja sama antara BP2TOOT dengan FK UMP. Nantinya pada waktu Koas Profesi Dokter FK UMP juga akan melaksanakan stase jamu (herbal) selama 5 minggu yang akan bertempat di Tawangmangu.

 

 

 

Selain sebagai badan penelitan, BP2TOOT sendiri memiliki Klinik Herbal sendiri sebagai bentuk pengaplikasian dari produk herbal. dr. Danang Ardianto selaku koordinator dari klinik herbal tawangmangu pun berkesempatan langsung turut memberikan pengarahan kepada para rombongan mengenai keunggulan produk herbal di banding lainnya.(den)