Berita

FK UMP : Selenggarakan Darul Arqam Dasar

Darul Arqam Dasar merupakan amanat yang harus dilaksanakan sebagai kegiatan rutin Al Islam. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal bulan 13 dan 14 Mei sebanyak 50 mahasiswa angkatan 2014.

            Adapun Materi yang tersampaikan adalah :

1.         Ilmu keIslaman dalam arti kaffah/ sebagai sistem (mencakup Aqidah – Akhlak – Ibadah - Muamalah).

2.       Ideologi Keislaman dan jiwa Persyarikatan

3.       Kedokteran Islam mencakup skils bekam, merawat jenazah meliputi memandikan jenazah, mengkafani dan menshalatkan jenazah

4.       Metodologi Dakwah dan Tajdid khususnya dalam pengembangan Sains dan Teknologi yang tidak lepas dari jiwa agama

5.       Kepemimpinan dan Perencanaan Strategik Fakultas Kedokteran ke depan dan Kemuhammadiyahan untuk mencetak generasi unggul, modern dan Islami.

Narasumber yang memberikan materi antara lain Ustad Ahmad KifniUstadz Umar AR, Ustadz Asep Daud KosasihUstadz Johar A.S.Ustadz AminudinUstadz AmrullahUstadz Achmad Husain, dr. Susiyadi Sp.An,  Ustad Fajar Sidik dan Ustad Muamar.

Dalam pembukaan Bapak Dekan FK UMP dr.Mambodyanto,SH.,MMR memberikan nasehat kelak mahasiswa harus mengaplikasikan ilmu yang didapat di DAD di dalam kehidupan sehari-hari apalagi ketika berpraktek menjadi dokter pelayan umat.

 

Selain materi, kegiatan DAD membiasakan mahasiswa untuk melakukan ibadah shalat lima waktu, mencintai Al qur’an dengan membaca Alqur’an, shalat sunah seperti dhuha dan tahajud. Sehingga keseimbangan sebagai individu yang kelak menjadi dokter akan tercapai kecerdasan intektual, emosional, social dan spiritual.