Berita

UMP Jalin Kerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong dan RSUD Soselo Slawi

UMP Jalin Kerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong dan RSUD Soselo Slawi

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Gombongdan RSUD Soselo Slawi, Rabu (14/2/2018).

 

“Alhamdulilah pada kesempatan pagi ini kita dapat melaksanakan proses MOU dan perjanjian kerjasama. Hal ini merupakan bentuk komitmen kita bersama antara UMP dengan PKU Muhammadiyah Gombong dan RSD Dr. Soeselo Slawi,” kata Rektor UMP Dr.H Syamsuhadi Irsyad M H.

Menurut Syamsuhadi Irsyad peran rumah sakit pendidikan dalam mencetak dokter yang kompeten tidak dapat di pandang sebelah mata. “Berdasarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomer 93 Tahun 2015 tentang Rumah sakit pendidikan, menyebutkan bahwa Rumah sakit Pendidikan adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong dr. H. Ibnu NaserArrohimi, S.Ag, MMR. Menyebutkan ada tiga fakultas dalam rangka menyiapkan menjadi rumah sakit pendidikan utama. Ketiga fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran UMP, Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat.

“Hari ini adalah hari yang dirahmati Allah. Salah satu proses perjalanan menuju kemitraan antara Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan PKU Muhammadiyah Gombong khususnya dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa dibidang kesehatan. Ada tiga fakultas yaitu fakultas kedokteran, dalam rangka menyiapkan menjadi rumahsakit pendidikan utama, fakultas farmasi serta fakultas ilmu kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Plt. Direktur RSD Dr. Soeselo Slawi dr. Titis Cahyaningsih, MMR mengungkapkan dengan adanya kerjasama tersebut ada transfer ilmu pengetahuan antara UMP dengan Rumah Sakit.

“Dengan kerjasama ini, kami harapkan agar transfer of knowledge antar ruma sakit Soeselo Slawi dengan Fakultas Kedokteran UMP ini untuk mencerdaskan anak bangsa. Mahasiswa-mahasiswanya bisa kami fasilitasi di rumah sakit kami ( ruma sakit Soeselo Slawi) dan Rumah Sakit Muhammadiyah Gombong itu untuk menjadi dokter-dokter muda dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(tgr) 

source : http://ump.ac.id