Berita

Mahasiswa UMP diperkenalkan dengan praktik pengobatan bekam

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui Fakultas Kedokteran (FK) UMP memperkenalkan praktik pengobatan bekam kepada mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah itu maupun masyarakat luas.

Upaya tersebut dilakukan Unit Keislaman FK UMP dengan menggelar webinar "Islam dan Kesehatan" pada hari Jumat (2/4) dengan mengundang praktisi/peneliti teknis bekam medis, Dr Wahyudi Widodo SKep MKed sebagai pembicara kunci.

Pembicara lainnya, yakni dr Yenni Bahar, MSi yang merupakan ahli pengobatan herbal dari FK UMP dan dr Susiyadi, SpAn yang juga dari FK UMP.

Saat membuka webinar tersebut, Dekan FK UMP dr M Mansyur Romi, SU PA(K) mengatakan jika dunia kedokteran saat sekarang sangat berkembang.

"Namun tentunya kita harus pula merujuk pada Al Quran dan As-Sunnah, ada yang kita ketahui bersama, yaitu tibbunnabawi, bekam salah satunya," katanya.

Ia mengatakan Fakultas Kedokteran UMP yang dikenal sebagai Pusat Kedokteran Herbal Islami berkomitmen memberikan edukasi baik kepada mahasiswa, tenaga pendidikan, maupun masyarakat luas tentang kelebihan ilmu kedokteran yang berlandaskan pada Al Quran dan As-Sunnah. 

Menurut dia, hal tersebut dibuktikan salah satunya dengan penerapan kurikulum herbal dan juga penyelenggaraan webinar seperti itu.

"Besar harapan kami, baik mahasiswa maupun masyarakat luas dapat mengambil manfaat dari webinar kali ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Webinar dr Titik Kusumawinakhyu, MBiomed mengatakan kegiatan tersebut hanya sebagian kecil dari usaha untuk lebih mengenalkan ilmu pengobatan yang sesuai Al Quran dan As-Sunnah.

"Namun paling tidak, kami mencoba untuk lebih mengenalkan praktik Bekam ini dari sisi medis. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan memberikan dampak positif baik untuk peserta maupun untuk masyarakat luas," katanya. (mjd/tgr)