Arikel Kesehatan

MANFAAT BAWANG PUTIH (Allium sativum) UNTUK KESEHATAN

Bawang putih (Allium sativum) merupakan salah satu bumbu, makanan dan salah satu herbal yang diteliti manfaatnya untuk kesehatan. Bawang putih juga dapat diperoleh dengan mudah disekitar kita. Bawang putih digunakan oleh manusia selama lebih dari 7000 tahun. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Meskipun bawang putih miliki bau menyengat namun banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain bermanfaat untuk jantung dan pembuluh darah, bawang putih secara tradisional telah digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan dan kesehatan pencernaan.

Aterosklerosis merupakan salah satu proses yang berperan pada penyakit jantung dan pembuluh darah. Aterosklerosis adalah kondisi di mana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya. Apabila proses aterosklerosis terjadi di pembuluh darah arteri yang memberikan nutrisi dan oksigen ke jantung terganggu, maka dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Satu faktor risiko proses aterosklerosis ialah hiperkolesterolemia (meningkatnya kadar kolesterol dalam darah melebihi nilai normal). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol darah, trigliserida, dan tekanan darah. Bawang putih mengurangi produksi kolesterol dan menghambat pembentukan plak pada pembuluh arteri. Ekstrak bawang putih diyakini memberikan manfaat utama menurunkan kadar homosistein, asam amino  yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Terdapat beberapa jenis olahan bawang putih tersedia antara lain bawang putih mentah, bawang putih yang baru dimasak, minyak bawang putih, bubuk bawang putih, dan ekstrak bawang putih tua. Bawang putih mengandung Allicin yang ditemukan pada bawang putih mentah segar dan serbuk bawang putih. Senyawa ini memiliki sifat tidak stabil dan apabila dimasak akan rusak. Ekstrak bawang putih yang dikombinasi dengan vitamin B-12, asam folat, vitamin B-6 dan L-arginine mampu menghambat terjadinya aterosklerosis. Bawang putih mentah yang dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat memperkuat efek obat antiplatelet, obat antikoagulan (obat-obat untuk mencegah pembekuan darah). Oleh karena itu jika anda mengkonsumsi obat-obat tersebut di atas ada dan mengkonsumsi bawang putih dosis tinggi ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.