Berita

Fakultas Kedokteran UMP Gelar Workshop Riset dan Publikasi: Dorong Dosen untuk Berkontribusi dalam Jurnal Internasional Terindex Scopus

UMP - Fakultas Kedokteran Universitas Mulia Putra (UMP) menggelar Workshop Riset dan Publikasi yang bertujuan untuk mendorong dosen dan peneliti dalam fakultas ini untuk aktif berkontribusi dalam publikasi jurnal internasional terindex Scopus. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 30 September 2023, ini menampilkan dua narasumber ahli di bidangnya, yaitu Prof. Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari M.Kes, PA(K) dan Assoc. Prof. dr. Nur Arfian Ph.D dari FKKMK UGM Jogjakarta.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan panduan dan wawasan kepada dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran UMP tentang strategi penelitian yang efektif, penulisan artikel ilmiah yang baik, serta proses pengiriman dan publikasi jurnal internasional terindex Scopus. Dengan adanya panduan dari narasumber yang berpengalaman, diharapkan dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran UMP dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas riset mereka.

Selama workshop, Prof. Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari M.Kes, PA(K) dan Assoc. Prof. dr. Nur Arfian Ph.D membagikan pengalaman mereka dalam melakukan penelitian dan publikasi di jurnal internasional terkemuka. Mereka juga memberikan tips tentang bagaimana mengidentifikasi jurnal-jurnal yang sesuai dengan bidang penelitian masing-masing dan bagaimana memaksimalkan kesempatan untuk diterbitkan di jurnal-jurnal tersebut.

Acara ini juga menarik perhatian dengan pemberian reward berupa uang tunai senilai total 25 Juta rupiah bagi dosen yang berhasil mengirimkan artikel jurnal internasional terindex Scopus dengan peringkat Q1, Q2, Q3, atau Q4. Reward ini bertujuan untuk memberikan insentif kepada dosen dan peneliti untuk berkomitmen dalam menjalankan penelitian berkualitas tinggi yang dapat diterbitkan di jurnal internasional ternama.

Prof. Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari M.Kes, PA(K), salah satu narasumber, menyatakan, "Ini adalah langkah yang sangat positif dari Fakultas Kedokteran UMP. Publikasi di jurnal internasional terindex Scopus merupakan pencapaian yang luar biasa dalam dunia riset. Dengan adanya reward ini, semoga dapat memotivasi para dosen untuk terus berkontribusi dalam dunia penelitian."

Assoc. Prof. dr. Nur Arfian Ph.D, narasumber lainnya, menambahkan, "Workshop ini adalah kesempatan yang langka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam dunia riset. Saya berharap para peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari acara ini dan terus berkontribusi dalam peningkatan ilmu pengetahuan."

Workshop Riset dan Publikasi yang digelar oleh Fakultas Kedokteran UMP ini diharapkan dapat menjadi dorongan yang kuat bagi dosen dan peneliti di bidang kedokteran untuk lebih aktif dalam melakukan riset dan berkontribusi pada peningkatan kualitas publikasi ilmiah di tingkat internasional.(mjd)