Berita

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP Berkarya dengan Produk Herbal di B2P2OOT Tawangmangu

Tawangmangu, 10 Oktober 2023 - Sebuah kunjungan pendidikan yang inovatif telah dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Obat dan Makanan Tradisional (B2P2OOT) di Tawangmangu. Selama kunjungan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk merasakan dunia herbal secara langsung, menciptakan produk seperti balsem, minyak gosok, inhaler, dan kokodema.

 

 

 

B2P2OOT Tawangmangu adalah lembaga penelitian yang berfokus pada pengembangan obat-obatan dan makanan tradisional berbahan dasar herbal. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengenalkan mahasiswa kedokteran pada penggunaan tanaman obat dalam praktik medis, serta memberi mereka pengalaman dalam proses pembuatan produk herbal yang umum digunakan dalam pengobatan tradisional.

 

 

 

Selama kunjungan, mahasiswa diajak untuk memahami sifat dan manfaat berbagai tanaman obat yang tumbuh di sekitar kawasan Tawangmangu. Mereka juga diberikan pengetahuan tentang cara ekstraksi dan pengolahan bahan herbal menjadi produk yang aman dan efektif.

 

 

 

dr. Titik Kusumawinakhyu, M.Biomed, Dosen Fakultas Kedokteran UMP, menjelaskan, "Kunjungan ke B2P2OOT ini memberi mahasiswa kami pengalaman yang berharga dalam penggunaan bahan herbal dalam pengobatan. Mereka memahami bahwa pengobatan herbal adalah bagian penting dalam pendekatan kesehatan yang holistik."

 

 

 

Selain mendalami pengetahuan, mahasiswa juga berperan aktif dalam menciptakan produk herbal seperti balsem, minyak gosok, inhaler, dan kokodema. Mereka bekerja sama dengan ahli di B2P2OOT dalam meracik dan menguji produk-produk ini. Kesempatan ini memberi mereka pengalaman langsung dalam pembuatan produk herbal berkualitas tinggi.

 

 

 

Dalam mengomentari pengalaman mereka, Fadhiel Naufal Ramadhan, salah seorang mahasiswa yang berpartisipasi dalam kunjungan ini, menyatakan, "Kunjungan ini tidak hanya mengubah pandangan kami tentang pengobatan herbal, tetapi juga memungkinkan kami untuk merasakan secara langsung bagaimana produk herbal berkualitas tinggi dapat dibuat. Ini adalah pengalaman belajar yang berharga."

 

 

 

Kerja sama antara UMP dan B2P2OOT diharapkan akan memperkuat pendidikan kedokteran berbasis pengalaman. Selain itu, ini juga mendukung pelestarian pengobatan tradisional Indonesia dan pengembangan produk herbal yang berkualitas.

 

 

Semoga kunjungan ini akan memberikan mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP pemahaman yang lebih dalam tentang pengobatan herbal dan kemampuan untuk meracik produk herbal yang bermanfaat dalam pengobatan dan kesehatan masyarakat.